Facebook

header ads

Dukung Peningkatan Kualitas Pelayanan Posyandu, SPOI Project Tanoto Foundation Distribusikan Peralatan Medis Posyandu


Tanoto Foundation melalui program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (Sustainable Palm Oil Initiative/SPOI) melaksanakan 3 (tiga) komponen kegiatan yaitu: Pendidikan, Pemberdayaan, dan Peningkatan kualitas hidup atau dikenal sebagai 3Es (Education, Empowerment, and Enhancement the quality of lives) di 4 (empat) desa yang menjadi wilayah operasional Asian Agri (PT. Inti Indosawit Subur/IIS) di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan - Riau sebagai bagian dari rangkaian pendampingan pelaksanaan sertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil).

Dalam rangka pelaksanaan Komponen Enhancement Program yang bekerjasama dengan BLUD Puskesmas Ukui, Tanoto Foundation menyerahkan bantuan Peralatan Medis (Alat Kesehatan/Alkes) Posyandu dan Poster Kesehatan Ibu dan Anak untuk 8 posyandu yang tersebar di 4 desa di Kecamatan Ukui. Kedelapan posyandu dimaksud adalah: 1) Posyandu Mekar Jaya 1 Desa Bukit Jaya; 2) Posyandu Mekar Jaya 2 Desa Bukit Jaya 3) Posyandu Melati 1 Desa Ukui Dua, 4) Posyandu Lestari 1 Desa Trimulya Jaya, 5) Posyandu Lestari 2 Desa Trimulya Jaya, 6) Posyandu Mawar 1 Desa Air Emas, 7) Posyandu Mawar 2 Desa Air Emas, 8) Posyandu Mawar 3 Desa Air Emas.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan posyandu di wilayah kerja Puskesmas Ukui khususnya di 4 desa dampingan Program SPOI. Dengan bantuan tersebut, diharapkan kualitas pelayanan posyandu khususnya untuk ibu dan anak menjadi semakin baik.

Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, tanggal 31 Oktober 2018 bertempat di Aula Desa Bukit Jaya, Pelalawan yang dihadiri oleh para kader posyandu dan bidan desa, para kepala desa dan ketua tim penggerak PKK Kecamatan Ukui. 


Sambutan Ketua PKK Kecamatan Ukui Selaku Pembina Posyandu Se- Kecamatan Ukui


Sambutan Kepala Desa Bukit Jaya - Ukui, Selaku Tuan Rumah Penyelenggara Acara


Kegiatan diawali dengan Senam dan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh BLUD Puskesmas Ukui.  Disediakan juga snack lokal sehat yang terdiri dari jagung rebus, pisang rebus, bubur kacang hijau.


Untuk peralatan medis (alat kesehatan/alkes) yang dibantu untuk setiap posyandu meliputi 8 items Alkes meliputi: 1) Tensimeter, 2) Termometer Digital, 3) Meteran Bayi, 4) Sarung Tangan, 5) Partus Set, 6) Masker, 7) Timbangan Bayi, 8) Timbangan dan Pengukur Tinggi Badan Balita.

Sedangkan poster kesehatan ibu dan anak diserahkan Tanoto Foundation kepada BLUD Puskesmas Ukui untuk didistribusikan kepada Posyandu dan Poskesdes yang ada se-kecamatan Ukui. Poster diserahkan sebanyak 65 paket dimana setiap paketnya terdiri dari 6 judul poster yaitu: 1) Menjaga Ibu Hamil dan Janin, 2) Menu Wajib Ibu Hamil, 3) ASI Eksklusif, 4) Tahapan Perkembangan Bayi dan Balita, 5) Jadwal Imunisasi Lengkap, 6) Tahap Pengenalan MP-ASI.

Penyerahan secara simbolis bantuan Alkes untuk 8 Posyandu diterima oleh Ketua Kader masing-masing posyandu dan Bidan Desa, disaksikan oleh Kepala Desa, Perwakilan Plasma PT. Inti Indosawit Subur (Group Asian Agri) dan Kepala BLUD Puskesmas Ukui.

Dalam sambutannya, Kepala BLUD Puskesmas Ukui, H. Joko Hadi SZ., SKM, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan dan berharap bantuan yang diterima dapat digunakan sebaik-baiknya dan menjadi asset posyandu dan akan dicatat sebagai asset kabupaten yang harus dijaga keberadaannya.

Sementara itu, SPOI Project Manager Tanoto Foundation, Rio Supriyatno menyampaikan bahwa melalui bantuan alkes dan poster kesehatan ibu dan anak,  Tonoto Foundation ingin ikut aktif berperan dalam peningkatan kualitas posyandu di wilayah kecamatan Ukui, setelah sebelumnya pada April 2018 Tanoto Foundation juga mengadakan pelatihan bagi kader posyandu.

















Post a Comment

0 Comments