Facebook

header ads

Evaluasi Fungsi Pustaka & Tingkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah. SPOI Project Tanoto Foundation Kembali Latih Puluhan Guru & Staf Pustaka.



Tanoto Foundation melalui Project SPOI (Sustainable Palm Oil Initiative) bekerjasama dengan Asian Agri telah melaksanakan kegiatan Roll Out Pelita Pustaka Batch II di 4 (Empat) Sekolah Dampingan yaitu SDN 002 Ukui Dua, SDN 005 Bukit Jaya, SDN 006 Tri Mulya Jaya, dan SDN 009 Air Emas, yang bertempat di Aula SDN 009 Desa Air Emas, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan - Riau. Dilaksanakan Pada tanggal 11-13 April 2018, yang diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan Staff Pustaka.

Roll Out Pelita Pustaka ini sendiri merupakan kegiatan lanjutan dari Program Pelita Pustaka Batch I yang telah diselenggarakan sebelumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali tentang sejauh mana progres terhadap Rencana Tindak Lanjut (RTL) Pelaksanaan Program Pelita Pustaka Batch I di masing-masing sekolah dampingan. Selain itu Roll Out Pelita Pustaka juga bertitik fokus pada bagaimana minat baca yang sudah berjalan disekolah itu dapat diukur dan dikorelasikan dengan Kemampuan Efektif Membaca (KEM) siswa disekolah. Sehingga dari pengukuran yang dilakukan, maka sekolah akan memiliki data perkembangan kemampuan membaca siswa.

“Teknik Pengukuran KEM ini sangat bermanfaat bagi kami para guru sebagai data statistic untuk melihat bagaimana perkembangan kemampuan membaca anak didik kami, sehingga dari data inilah kami dapat mengevaluasi serta menyesuaikan pengembangkan program pembelajaran menjadi lebih efektif. ujar Santiko Juwito selaku Kelapa Sekolah SDN 009 Air Emas disela-sela pelatihan.

Di samping fokus pada RTL serta Pengukuran KEM, Peserta juga diperkenalkan Beberapa teknik menarik yang bersumber pada pendekatan siswa aktif atau ”Active Learning” untuk memupuk ketrampilan membaca dan menulis para siswa seperti Strategi Jigsaw, DictoComp, Sketsa dan Freadotry. Materi-materi yang disampaiakan disertai dengan Praktek sehingga peserta antusias dalam menerima setiap materi yang diberikan. Dan sebagai penutup kegiatan, SDG & SPOI Project Manager juga berharap agar materi-materi yang telah didapatkan selama pelatihan ini dapat kiranya di implementasikan kepada rekan-rekan pengajar yang lain dan khususnya kepada anak didiknya.













Post a Comment

0 Comments